Example 728x250
Berita Nasional

BPBD Desa Segaran Masuk Ke 53 Dari 70 Desa Yang di Bentuk Anggota BPBD Provinsi Jawa Timur. 

×

BPBD Desa Segaran Masuk Ke 53 Dari 70 Desa Yang di Bentuk Anggota BPBD Provinsi Jawa Timur. 

Sebarkan artikel ini

 

Probolinggo. MediaDoeta Indonesia. com

Pembentukan Desa Tangguh Bencana ( DESTANA) Desa Segaran kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo. Sudah resmi di bentuk dan mulai mendapatkan pelatihan Dari BPBD ( Bandan penanggulangan bencana Daerah) kabupaten Probolinggo dan BPBD provinsi Jawa Timur. selama 7 ( tujuh) hari, mulai hari Rabu, 10 Juli 2024.

 

Dalam pembukaan latihan BPBD Desa Segaran di Hadiri oleh Bidang Analis Kebencanaan Ahli Muda BPBD provinsi Jawa timur “Dadang”. Serta Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo “Umar Sarif”. Hadir pula Camat Tiris “Andi Wiroso” Koramil Tiris, serta kepala Desa Segaran “Budi Utomo”. Adapun BPBD Desa Segaran yang di bentuk dan mendapat pelatihan sebanyak 28 ( dua puluh delapan) orang.

 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah adalah lembaga pemerintah non-departemen yang melaksanakan tugas penanggulangan bencana di daerah baik Provinsi maupun Kabupaten/ Kota dengan berpedoman pada kebijakan yang ditetapkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

 

Kepala Desa Segaran “Budi Utomo” Dalam pembukaan pelatihan Menyampaikan. “Alhamdulillah, sudah di setujui pembentukan BPBD desa Segaran. Kami berkoordinasi dengan Dinas BPBD kabupaten dan Provinsi Jawa Timur Mulai dari Tahun 2021. ” Tutur nya.

 

Kepala Desa Segaran menambahkan. Sebetulnya kami dari Desa ada juga, di anggaran dana desa itu nama nya kegiatan penanggulangan bencana. Cuman, kegiatan kegiatan nya kadang kami tidak fokus ke sana. Jadi tetap jadi dana silpa seperti itu, jadi kegiatan nya tidak ada kemaren gitu. Jadi alhamdulillah dengan adanya kegiatan pelatihan ini. Alhamdulillah, kami kenal dengan instruktur nya disini. Tadi kami sempat bincang bincang, InsyaAllah nanti kami anggarkan lewat dana desa. Sebagai tindak lanjut dari kegiatan pelatihan saat ini. “Jelasnya.

 

Lanjut di acara pembukaan pelatihan anggota BPBD desa Segaran. Camat Tiris ” Andi Wiroso” Juga menyampaikan. “Perlu kami Informasikan bahwa desa Segaran ini, kemarin juga ada bencana kebakarankebakaran di koperasi yang banyak tumpukan kayu. Saya sudah sampai rumah mendapatkan tlpon bahwa ada kebakaran, langsung saya balik lagi ke sini. Akhirnya saya telpon pemadam dan alhamdulillah bisa teratasi. Yang ke dua, jika di Segaran ini mungkin longsor. Jadi dengan adanya pelatihan penanganan bencana ini mudah mudahan bisa membantu penanganan bencana nantinya. “Ucap camat tiris.

 

Bidang Analis Kebencanaan Ahli Muda BPBD provinsi Jawa timur “Dadang” Juga menambahkan. “DESTANA Desa Segaran ini kalau tidak salah masuk ke 53 dari 70 desa yang kami bentuk pada tahun ini. Kabupaten Probolinggo ini adalah salah satu kabupaten yang mendapatkan 3 desa. Di Desa Segaran ini, kemudian besuk inidi Tongas dan desa Tambak rejo. Dan pada tanggal 16 ini di kepulauan.

 

Karena memang ada arahan dari provinsi Jawa timur. Kepulauan nya yang mendapat kan progam tanggal bencana di Probolinggo sama di Bawean. Kegiatan ini ada indikator indikator yang harus di usung. Dasar hukum nya adalah, peraturan kepala BPBD nomor 01 tahun 2012. Dari 20 indikator kita pilih yang wajib saja yaitu ada 7 indikator. “imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *